Kuliner

Aneka resep resep masakan dan cara memasak, mulai resep tradisional indonesia, Asia sampai makanan Eropa. Coba resep nasi, resep ayam, resep ikan, resep sapi, resep tahu, resep udang, resep mie, resep ikan, iga, sup, soto bahkan spaghetti. Dari masakan resep yang direbus, di kukus, dibakar, di goreng, ungkep, panggang, oven dll. Juga berbagai resep kue, resep cake, kue kering, brownies kukus, donat, bolu, resep roti lain , keju. resep penutup seperti puding, salad. resep prakti dan sederhana untuk keluarga.Dari usia Bayi, Balita , dan dewasa. Gunakan fitur search di kanan atas untuk mencari resep dengan cepat.

RESEP TEMPE KERING


Makanan yang satu ini sangat nikmat dan istimewanya, tahan lama. Hal ini yang menjadikan kering tempe sering dibuat untuk bekal perjalanan dan bahkan untuk persediaan sahur di bulan Ramadhan. Anda sudah pernah mencoba kering tempe? Jika belum, tak ada salahnya memasak kering tempe langsung dari dapur Anda sendiri. Berikut cara memasak kering tempe nikmat dan praktis. Selamat mencoba.

Siapkan Bahan Yang Diperlukan!
Untuk memasak kering tempe, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, sebagai berikut:

Bahan Utama

  • Tempe sebanyak 350 gram. Potong ukuran 3x1 cm atau sesuai seleran Anda. Namun ada baiknya ukuranya kecil dan memanjang agar matang dan garing.
  • Cabai merah besar sebanyak 5 buah. Bersihkan dan buang bijinya. Iris melintang setipis mungkin.
  • Bawang merah sebanyak 50 gram. Bersikan dan iris tipis. Goreng sampai garing.
  • Lengkuat sebanyak 1 cm. Bersihkan dan memarkan.
  • Daun salam sebanyak 2 lembar. Bersihkan.

Bumbu Kering Tempe
  • Gula jawa sebanyak 100 gram. Sisir.
  • Gula pasir sebanyak 50 gram.
  • Bawang putih sebanyak 2 buah. Bersihkan dan haluskan.
  • Garam dan penyedap secukupnya.
  • Air matang sebanyak 150 ml.

Cara Memasak Kering Tempe:
  1. Setelah tempe selesai dipotong kecil. Sebaiknya angin-anginkan beberapa saat agar untuk memastikan kadar airnya berkurang. Setelah itu goreng potongan tempe dengan api sedang. Angkat saat tempe telah berubah warna dan matang menyeluruh. Simpan di wadah terpisah.
  2. Goreng irisan cabe merah yang dipotong serong. Angkat dan tiriskan. Simpan di wadah.
  3. Masak gula pasir, bawang, garam, gula merah, dan air sebanyak 150 ml sampai mendidih.
  4. Masukkan lengkuas yang telah dimemarkan dan juga daun salam ke dalam campuran tadi. Terus masak dengan api sedang hingga mengental.
  5. Selanjutnya, masukkan tempe yang telah digoreng (dan bahan tambahan seperti kacang goreng atau kentang goreng) bersama cabe merah yang juga telah digoreng. Aduk-aduk sampai benar-benar meresap.
  6. Setelah semuanya tercampur sempurna, masukkan bawang goreng. Aduk. cepat sampai tempe dan bumbu menyatu dan kering.
  7. Angkat dan dinginkan. Sebaiknya simpan di wadah yang kering dan juga kedap rehadap udara agar tempe kering tidak melempem.

Tambahan Bahan Pelengkap Sesuai Selera 

Pada dasarnya, bahan tambahan kering tempe bisa divariasikan sesuai dengan selera Anda tentunya. Misalnya dengan menambahkan kacang goreng, potongan keripik kentang goreng, ikan teri medan goreng dan masih banyak lagi lainnya. Untuk rasa yang istimewa, tentu kreatfitas tetap dibutuhkan.  Selamat memasak!

tag. resep tempe kering - resep tempe orek - resep tempe oreg - resep tempe orak arik - resep tahu tempe - resep serba tempe - resep sambel goreng tempe - resep masakan tempe dan tahu - resep masakan tempe - resep masakan dari tempe - resep masakan berbahan dasar tempe - resep makanan tempe - aneka resep masakan dari tempe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...